Seorang WANITA telah menyerang penyedia layanan airnya setelah menerima tagihan air sebesar hampir £1.000 untuk penggunaan enam bulan.
Carla Francome mengecam Thames Water kemarin atas tuduhan yang mengejutkan terhadap rumahnya di London Utara.
Tagihannya lima kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yang setara dengan lebih dari 1.000.000 cangkir teh atau lebih dari 4.100 kali mandi, dan sepertiga gaji bulanannya setelah pajak.
Manajer pemasaran berusia 46 tahun itu mengatakan dia menghubungi perusahaan tersebut dan meminta mereka untuk menyelidikinya, tetapi tidak mendapat balasan dan malah uangnya “diambil” dari rekeningnya.
Rumah tangga Carla yang beranggotakan empat orang telah menggunakan Thames Water selama enam tahun dan sebelumnya tidak memiliki masalah dengan mereka.
Setelah pembayaran diambil, dia menghubungi mereka lagi dan diberi tahu bahwa mereka telah memasang meteran dan memutuskan bahwa dua tagihan sebelumnya terlalu rendah, sehingga mengakibatkan biaya kekurangan.
Akan tetapi, hal itu tidak dijelaskan dalam RUU, dan tidak pula sumber angka-angka tersebut.
Carla dan keluarganya kini membayar tukang ledeng untuk mencari kebocoran yang mungkin memperparah masalah dan terus memantau meteran untuk melihat apakah air naik tanpa mereka menggunakan air.
Postingan Carla di media sosial berbunyi: “Kondisi Thames Water yang sebenarnya.
“Saya baru saja menerima tagihan kami untuk periode 6 bulan (20 Februari – 14 Agustus 2024) dan jumlahnya kurang sepuluh ribu pound.
“Seribu pound untuk air selama enam bulan. Serius, siapa yang sanggup membeli barang seperti ini? Kami menelepon mereka dan meminta mereka untuk menyelidikinya.
“Namun tidak ada yang datang, kami tidak mendapat kabar, dan mereka langsung mengambil uang dari rekening kami.
“Bagaimana orang-orang bisa mampu membeli barang-barang seperti ini untuk mereka dan keluarga mereka? Tagihan kami untuk periode yang sama tahun lalu adalah £205,88.
“Bagaimana bisa naik lima kali lipat? Dan mengapa mereka mengambil uangnya sebelum menyelidikinya?
“Mungkin ada salah hitung, mungkin meteran yang bermasalah, mungkin pipa bocor, tapi mereka tidak memeriksa, mereka hanya mengambil uangnya. “Kami tidak mengubah penggunaan air, tapi ternyata kami telah menggunakan cukup air dalam 6 bulan untuk satu juta cangkir teh atau 4.000 kali mandi.
“Mengingat harga makanan saat ini, hipotek dan sewa naik, dan air selama 6 bulan yang harganya mahal, saya bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa mampu hidup.
“Tagihan air selama 6 bulan ini sepertiga dari gaji bulanan yang saya terima setelah dipotong pajak. Oh ya, CEO mereka menghasilkan sekitar £2,3 juta setahun.
“Jadi yang penting dia bisa menikmati liburan yang menyenangkan, bukan?”
Dia menambahkan foto-foto tagihan yang bermasalah itu, yang juga berisi pesan pura-pura gembira yang berbunyi: “Pemakaian air Anda jauh lebih tinggi dari terakhir kali… apakah Anda sudah memeriksa apakah toilet bocor atau keran menetes?”
Postingannya tersebut telah disukai lebih dari 230 kali dan mendapat lebih dari 79 komentar dari warga Inggris yang ingin berbagi pendapat mereka tentang situasi tersebut.
Seseorang menulis: “Selamat datang di perairan pribadi. Dan mereka mengenakan biaya tambahan untuk pembuangan limbah ke sungai.”
Yang lain berkata: “Mereka tidak kompeten. Mereka berhenti menggunakan detail debit langsung saya dan tidak mengirim faktur atau korespondensi apa pun selama sekitar satu tahun.
“Meminta mereka untuk menyelidiki mengapa mereka tidak menerima pembayaran. Tidak ada tanggapan sampai surat-surat dari penagih utang mulai berdatangan secara rutin.”
Yang ketiga bercanda: “Para pemegang saham kaya raya butuh bayaran. Kalau tidak, bagaimana mereka bisa membeli Range Rover baru mereka? Berani sekali.”
Komentar keempat: “Mantan petugas penagihan Thames Water di sini (pertengahan 90-an, sebelum mereka menjadi penipu korporat).
“Lonjakan penggunaan air seperti itu sangat mirip dengan kebocoran pada meteran Anda. Berikut ini beberapa saran. Semoga Anda bisa mengatasinya.”
Yang lain menambahkan: “Demikian pula jika ada perubahan mendadak dalam penggunaan seseorang, mereka harus menghubunginya.
“Apakah Anda sudah memasang kolam renang? Menerima tamu? Mulai menyelenggarakan persalinan di air? Jika belum, mungkin ada kebocoran. Kami akan datang dan memeriksanya.”
Berbicara hari ini, Carla berkata: “Saya pikir sangat keterlaluan bahwa Thames Water dapat menagih orang hampir £1.000 untuk air selama 6 bulan, dan bahkan setelah panggilan telepon yang mengkhawatirkan dari kami, kami pikir tidak apa-apa untuk mengambil uang dari rekening kami.
“Saya rasa mereka tidak peduli dengan pelanggan mereka, kami adalah 'orang-orang kecil'. Thames Water pasti mengira mereka menyediakan emas cair untuk jumlah yang mereka tetapkan kepada kami. Itu memalukan.
“Baru-baru ini cicilan hipotek kami naik sebesar £700 per bulan dan biaya makanan sangat mahal.
“Saya membeli empat buah apel berukuran besar beberapa hari lalu di Tesco, dan harganya £3,20. Bagaimana orang bisa mampu hidup jika kebutuhan pokoknya hanya semurah ini?”
Thames Water telah dihubungi untuk memberikan komentar.