Sebuah perusahaan Skotlandia meraih kemenangan di UK Internal Communications National Awards dengan alat komunikasi yang “mengubah keadaan”.
The Better Company, yang berbasis di Edinburgh, mengklaim penghargaan 'Inovasi: Game Changer' untuk Kata-kata yang Lebih Baik program.
Program Better Words mendorong dan memungkinkan karyawan perusahaan untuk memilih dan menggunakan kata-kata yang lebih mudah dipahami di tempat kerja dan meningkatkan dampak komunikasi kolega dan pelanggan.
Lebih dari 400 komunikator internal berkumpul dalam sebuah upacara di Museum Sejarah Alam London bulan lalu untuk merayakan praktik terbaik dan inovasi dalam cara perusahaan Inggris berkomunikasi dengan staf dan pelanggan mereka.
Bisnis ini didirikan setelah ditemukan bahwa kata-kata dan nada suara yang rumit dalam branding bisnis, kontrak, dan surat pelanggan sering kali dapat mengecualikan orang karena kata-katanya terlalu rumit.
Better Words bertujuan untuk menunjukkan kepada karyawan cara menyederhanakan dan menghubungkan bahasa yang mereka gunakan dengan kebutuhan staf dan pelanggan mereka dalam alat dan program pelatihan yang mudah digunakan.
Pendiri Lucy Richards terinspirasi untuk membuat Better Words setelah mengetahui bahwa semua konten pemerintah Inggris ditulis untuk usia membaca 9 tahun – namun bisnis dan organisasi sering kali menggunakan kata-kata yang terlalu panjang, terlalu rumit, atau tidak masuk akal bagi siapa pun di luar dari tempat kerja mereka sendiri.
Lucy berkata: “Ini adalah penghargaan khusus bagi kami setelah melakukan banyak penelitian dan pengembangan untuk menemukan model baru bagi organisasi dalam menjalin hubungan yang lebih baik dengan kolega dan pelanggan mereka.
“Tidak ada produk lain yang bisa menandingi Better Words di pasaran dan kami yakin kami mempunyai potensi untuk membuat perbedaan besar dalam keberhasilan program komunikasi, dimulai dengan landasan yang sangat penting: kata-kata.”
Alat Better Words hadir ketika penelitian menunjukkan bahwa di Inggris, satu dari enam orang dewasa memiliki keterampilan literasi yang buruk, sementara satu dari empat orang dewasa di Skotlandia mengalami tantangan karena kurangnya keterampilan literasi.
Bersama klien mereka, Scottish and Southern Electricity Networks, Better Words membuat para juri terkesan dengan pendekatannya yang sederhana, praktis, dan berbasis wawasan dalam memberikan kekuatan komunikasi yang lebih baik ke tangan karyawan.
Pakar bahasa Better Words Jo Laidlaw menambahkan: “Sangat mudah bagi bisnis untuk bersembunyi di balik bahasa yang rumit, namun itu bukanlah hal yang benar untuk dilakukan.
“Klien kami di Jaringan Listrik Skotlandia dan Selatan bekerja keras untuk melampaui persyaratan peraturan mereka dan memilih kata-kata yang lebih baik untuk semua orang.
“Seperti mereka, semua organisasi dapat menggunakan Better Words untuk memicu perubahan.“