Kesuksesan acara produk susu berskala besar ini diharapkan dapat membantu mengarahkan generasi muda menuju berbagai jalur karier di industri ini.
“Susu lebih dari sekedar susu” adalah pesan yang dapat dibawa pulang oleh para siswa yang menghadiri acara Think Dairy Careers Expo perdana dari Digital Dairy Chain pada tanggal 23 April.
Acara ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Harrison & Hetherington, di Borderway Mart di Carlisle, untuk membantu mengatasi kekurangan keterampilan dalam industri susu.
Lebih dari 400 siswa sekolah menengah dari seluruh Dumfries & Galloway dan Cumbria mengikuti acara yang sangat interaktif dan merasakan apa yang bisa dilakukan dengan bekerja di sektor susu.
Peserta pameran termasuk pengolah susu nasional dan pengusaha lokal seperti First Milk, Lactalis dan Paragon Vets, serta penyedia pelatihan seperti Scotland's Rural College (SRUC) dan LANTRA.
Siswa dapat mencoba segalanya mulai dari eksperimen berbasis susu untuk mempelajari komposisi susu hingga mencoba melakukan inseminasi buatan pada sapi model.
Anak-anak berusia 13 hingga 17 tahun didorong untuk memiliki rasa ingin tahu tentang apa saja yang termasuk dalam karier di bidang susu, di mana pertanyaan yang bagus akan dihargai dengan “uang sapi” – uang kertas palsu dengan berbagai nilai.
Para siswa dapat menyimpan atau mengumpulkan catatan mereka untuk membentuk sindikat pembelian sapi pada acara terakhir hari itu, sebuah pelelangan sapi tiruan dengan sapi hidup.
Donna Walton, dari mitra proyek Digital Dairy Chain, SmartSTEMs, mengatakan: “Sungguh luar biasa menyambut begitu banyak siswa dari Cumbria dan Dumfriesshire ke Think Dairy Expo.
“Siswa mempunyai kesempatan untuk menjelajahi berbagai karir STEM produk susu yang tersedia di depan pintu mereka.
“Entah mereka tertarik pada seni pembuatan keju atau ilmu peternakan, acara ini menunjukkan kepada mereka serangkaian karier yang mungkin tidak pernah mereka pertimbangkan sebelumnya dan semuanya ditinggalkan – 'Berpikir tentang Produk Susu'.”
Laura Millar, dari Harrison & Hetherington, mengatakan: “Sungguh luar biasa melihat begitu banyak anak muda di acara ini menemukan kemungkinan untuk berkarir di industri susu kami yang luar biasa.
“Kami senang bisa membantu meningkatkan kesadaran dan mendorong minat generasi berikutnya, yang kami harap akan menjadikan peternakan sapi sebagai pilihan karier.”
First Milk adalah salah satu dari 30 peserta pameran yang ambil bagian dalam acara tersebut.
Roger Briddock, dari First Milk, mengatakan: “First Milk berkomitmen untuk menciptakan peluang bagi generasi berikutnya yang bekerja di bidang pertanian, baik di peternakan, di pabrik, atau di banyak bidang lain di sektor susu.
“Terlibat dalam acara ini adalah cara yang bagus untuk membuat generasi muda tertarik dan membuka mata mereka terhadap apa yang bisa ditawarkan oleh industri kami.”